Senin, 27 Maret 2017

memaknai arti pemuda

Akupun belum memahami betul apa makna dari pemuda, apa kekuatannya sesungguhnya, apa kelebihannya dan gelombang seperti apalagi yang ada ketika menjadi pemuda. Menurut Ortega G Yasset pemuda adalah the agent of change, agen perubahan yang pada pundaknya dibebani harapan-harapan sebuah bangsa. bila kaum muda memiliki kapabilitas,  visi, dan kinerja yang memuaskan, maka sebuah bangsa akan menuai keberhasilannya. Selain itu, memaknai pemuda juga harus melihat aspek faktor psikologis. Artinya, seseorang yang berusia 20 tahun tetapi suka berpikir mapan, pro status quo, dan tidak tergerak untuk melakukan perubahaan, maka status kepemudaannya patut diragukan. Karena, posisi pemuda yang paling ideal adalah selalu menjadi garda terdepan dari perubahan.

Tidak bisa dipungkiri, sejarah telah membuktikan hebatnya pukulan dari pemuda. bisa kita ambil dari Era Kebangkitan Nasional 1908,Soempah Pemoeda 1928, Kemerdekaan Indonesia 1945, Era Orde Baru 1966, Era Reformasi 1998. Kita sepakat, itu semua dipelopori oleh pemuda.

Diskusi-diskusi terkait keberlangsungan hidup, entah itu masalah pemerintahan, masyarakat ataupun lingkungan, seharusnya sudah menjadi makanan sehari-hari bagi kaum muda. Agar pemuda mulai memupuk sedalam-dalamnya di dalam diri bahwa tidak sepantasnya remaja seusianya menikmati kesenangan atau melarikan diri ke dalam dunia khayalan.

Sekarang tinggal kita yang menentukan, apa kita, generasi selanjutnya hanya menjadi debu-debu perjalanan waktu. Tidak berhasil membangun peradaban bangsanya dan hanya menjadi pemuda yang hanya bertindak sebagai mesin fotocopy dari generasi sebelumnya. Artinya, kita, tidak mampu menjadi bagian dari trendsetter dari sejarahnya.

Apakah artinya hidup sebagai angkatan muda yang selalu dibayangi oleh kebanggaan generasi yang terdahulu tentang keagungan hasil yang mereka capai.??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar